Kamis, 09 Desember 2010

Tugas study Kasus

Perusahaan Jamu yang didalamnya memproduksi jamu – jamu dengan resep tradisional dengan produk – produk jamu pegel linu dalam berbagi bentuk baik kaplet ataupun kapsul.

Tetapi terdapat sebuah masalah dari produk tersebut yaitu pada saat seorang wanita mengkonsumsi obat tersebut seketika meninggal dunia.

Langkah – langkah saya sebagai seorang PR dari perusahaan jamu tersebut yaitu pada langkah awal saya akan memberikan saran kepada pimpinan untuk menyelidiki kepada pihak yang terkait dan memiliki wewenang diperusahaan dan aparat yang berwajib apakah penyebab dari kematian tersebut efek dari mengkonsumsi obat – obatan dari produk perusahaan, bila ternyata hasil dari proses infestigasi ternyata membuktikan bahwasannya penyebab utama dari kematian dari konsumen tersebut ialah dari obat yang dikonsumsi karena kesalahan dari dosis yang terlalu keras, dan apabila di konsumsi akan menimbulkan efek samping apabila di konsumsi secara terus menerus.

Setelah proses infestigasi menunjukan bahwasannya kesalahan terdapat dari produk yang perusahaan kita keluarkan maka perlu tindakan – tindakan yang perlu dilakukan secara cepat dan tepat, untuk langkah awal saya akan mengusulkan kepada perusahaan untuk memberikan santunan kepada keluarga konsumen yang ditinggalkan, dan tentunya saya selaku PRO ( Publik Relations Officer ), akan melakukan konfrensi perss yang menjelaskan tentang masalah yang sedang dihadapi perusahaan dengan jujur agar tidak terjadi opini – opini yang lebih negatif dari Publik, dan tentu saja dalam konfrensi perss tersebut akan menjelaskan bahwasannya perusahaan akan menarik semua obat – obatan yang sudah beredar di pasaran dan akan di riset ulang agar produk – produk yang berupa obat – obatan tersebut baik dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Setelah hasil riset tersebut selesai dan perusahaan telah melakukan uji coba terhadap mutu dari produk yang dikeluarkan oleh perusahaan maka untuk meraih lagi kepercayaan dari konsumen maka perlu lagi dilakukan konferensi press kembali guna menyebarkan informasi awal bahwasannya obat tersebut telah di kaji ulang dan aman untuk di konsumsi dengan berbagi macam khasiat dan kegunaannya.

Perlu strategi – strategi yang dilakukan agar kepercayaan publik kembali seperti semula diantaranya, pembuatan iklan yang menjelaskan bahwasannya obat –obatan yang beredar di pasaran sangat teruji oleh badan POM sehingga aman di konsumsi, baik Pria ataupun Wanita dengan melaui media elektronik ataupun media cetak. Selain itu juga melakukan event – event yang bersifat sosial seperti pengobatan gratis, sunatan masal, ataupun beasiswa kepada masyarakat yang tidak mampu tetapi mempunyai prestasi ataupun hiburan kepada masyarakat karena pengguna dari produk – produk dari perusahaan dari level menengah kebawah maka yang paling disukai seperti panggung dangdut, jaipong dll, untuk menciptakan citra baik dari perusahaan kembali seperti semula. Setelah semua strategi tersebut dilakukan maka yang dilakukan yaitu mengevaluasi apakah sesuai dengan target yang diharapakan atau tidak, bila tidak sesuai dengan target perlulah sekiranya seorang PRO untuk berkreatifitas dan melakukan inovasi – inovasi sampai kondisi perusahaan kembali seperti semula, seperti contoh pada proses pengiklanan lebih dipertajam agar secara Psychologi masyarakat tetap ingat terhadap produk obat – obatan dari perusahaan dan juga lebih meningkatkan publikasi seperti Baligho, Poster, leaflet dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar